Selasa, 29 November 2011

hasil refleksi kelompok 1 dan 2

By: Veni Puspita Dewi


KONSEP EKOLOGI {kelompok 1}
Dari hasil diskusi kelompok satu, beranggotakan 4 orang yaitu hendi desniko, reza syaifullah, nani kusmiati dan luberti indri yaitu membahas tentang konsep dalam ekologi tumbuhan yang memiliki tujuan seperti yang dijelaskan dalam Q.S Al Khafi:45 yaitu agar kita semua dapat memanfaatkan segala sesuatu yang ada di bumi. 
Dalam ilmu ekologi ada 2 macam pendekatan yaitu pendekatan autekologi dan pendekatan sinekologi. Dalam pendekatan autekologi yang dipelajari yaitu tentang bagaimana tingkah laku, adaptasi maupun cara hidup suatu indifidu. Sedangkan pendekatan sinekologi lebih mempelajari sekelompok organism terhadap lingkungan disekitarnya.
Selain itu, dijelaskan pula berbagai aspek terapan ekologi yaitu dalam aspek terapan di bidang pertanian, bidang kehutanan, bidang perkotaan dan bidang perairan. 
Tetapi,, dalam hasil diskusi ini saya belum begitu paham dengan penjelasan dari saudari Indri tentang perbedaan antara ruang terbuka hijau dan hutan kota.Tetapi secara keseluruhan diskusi kelompok ini cukup jelas dan memuaskan. Harapan saya untuk kelompok lain yang akan mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya akan lebih baik dari kelompok2 sebelumnya.
TUMBUHAN DALAM LINGKUNGAN {kelompok 2}
Pada diskusi kelompok 2 yang beranggotakan Mbak susan aminah dan setia novit, berjalan dengan lancar dan menyenangkan karena salah satu anggota mereka membuat kami peserta diskusi antusias dalam diskusi ini.. Saudari susantika menyampaikan materi dengan rileks dan penuh canda, sebab ia mengatakan bahwa tumbuhan juga bisa stres seperti manusia. Dan lucunya lagi pada saat mereka memberikan kuis, salah satu kuisnya yaitu diharapkan peserta diskusi menyebutkan artis2 yang menyampaikan materi tadi. sangat unik dan model presentasi seperti itu patut ditiru agar tidak menciptakan presentasi yang menjenuhkan.
Dari hasil diskusi ini saya jadi mengerti dengan apa yang dimaksud dengan Nische atau nisia merupakan cara hidup, peran maupun fungsi hidup suatu tumbuhan atau individu dalam suatu lingkungan atau habitat. Nische menjelaskan tentang peran suatu individu dalam lingkungannya yang dapat menguntungkan maupun merugikan suatu individu lain. Misalnya pohon mangga yang tumbuh disuatu tempat dapat menjadi habitat bagi seekor tupai ataupun tempat tumbuh tanaman lain seperti benalu.
Semoga presentasi minggu depan lebih menyenangkan dari presentasi kali ini..
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar