Rabu, 07 Desember 2011

refleksi kelompok 4

Pada diskusi kelompok 4 yang membahas tentang atmosfer sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi ekologi tumbuhan berjalan agak sedikit tidak mengenakkan karena peserta diskusi terlalu ramai bermain2 sendiri. Ada yang berbicara sendiri, ada yang tertawa2 dengan dosennya karena membicarakan hal lucu... sangat tidak efektif... kasihan para pemateri jika yang di ungkapkan tidak mendapat respon baik dari pesertanya..
Dari hasil diskusi kelompok 4 ini,, ada beberapa pertanyaan dari peserta diskusi terkait materi inisalah satunya yaitu Pertanyaan dari saudara syamsul mengapa hujan tidak terjadi setiap saat??
Pada waktu itu,, awalnya pemateri tidak menjawap dengan tepat tetapi saudara ilham menambahkan bahwa itu disebabkan karena adanya angin muson timur dan angin muson barat yang mengakibatkan awan yang mengandung titik2 hujan berpindah tempat sehinggan dalam daerah itu tidak selalu mengalami hujan setiap hari/ setiap saat.
Kelompok ini menampilkan vidio terkait dengan materi sangat bagus dan membuat peserta diskusi kembali antusias dalam proses diskusi.
Untuk kelompok yang akan presentasi minggu depan yaitu kelompok 5 dan 6. Saya berharap mereka memberi kejutan dengan model presentasi yang lebih unik dan asik.. tentunya tidak sekedar unik dan asik saja, tetapi sistem diskusi yang mampu membuat peserta diskusi lebih paham dan antusias dalam mengikuri diskusi tersebut. Amin...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar